Contoh Teks Prosedur

Contoh Teks Prosedur

Contoh Teks Prosedur (1)

APA  YANG  HARUS  ANDA  LAKUKAN  JIKA  TERKENA  TILANG?

1      Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jikalau pengendara mengerjakan pelanggaran, tentu pihak berwenang akan menilangnya. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengenal prosedur penilangan. Berikut ini hal yang mesti Anda observasi dikala dikenakan surat bukti pelanggaran berlalu lintas. Dengan memandang hal ini, dikala mengerjakan pelanggaran, Anda tak akan dirugikan dan akan memperoleh hukuman cocok dengan undang-undang. 41 Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik
2      Pertama, kenali si petugas. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang tercantum di baju seragamnya. Mereka memiliki keharusan menonjolkan pedoman pengenal. Nama dan pangkat polisi menjadi penting jika polisi berbuat  di luar prosedur. Jangan hentikan kendaraan Anda apabila ada orang berpakaian bergajulan mengaku sebagai polisi lalu lintas (polantas)!
3   Kedua, pahami kekeliruan Anda. Tanyakanlah apa kekeliruan Anda, pasal berapa yang dilanggar, dan berapa    dendanya. Sebagai pembimbing masyarakat, polisi mesti menerangkan kekeliruan pengendara supaya kekeliruan hal yang demikian tak terulang  kembali. Alasan pelanggaran dan besarnya denda juga mesti menurut peraturan yang berlaku.
4.    Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran.
      Pengendara telah sepantasnya mengecek tuduhan pelanggaran polisi hal yang demikian, benar atau tak. Jikalau polisi mengungkapkan Anda dilarang belok ke kiri sebab ada pedoman dilarang belok kiri, Anda mesti yakin bahwa pedoman hal yang demikian benar-benar ada.
  5  Keempat, jangan serahkan kendaraan atau STNK (surat pedoman nomor kendaraan) seperti itu saja. Polisi tak  mempunyai hak menyita kendaraan bermotor atau STNK, selain kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tak bisa menonjolkan STNK, atau pengemudi tak bisa menonjolkan SIM. Jadi, utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang dibendung oleh polantas!
6     Kelima, terima atau tolak tuduhan. Tiap-tiap pengemudi memiliki dua opsi kepada tuduhan pelanggaran yang diajukan polantas, adalah mendapatkan atau menolak tuduhan hal yang demikian. Kalau mendapatkan tuduhan, Anda mesti bersedia membayar denda ke bank. Anda akan diberikan surat tilang berwarna biru. Pertanda tanganilah surat bukti pelanggaran berlalu lintas itu. Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan. Surat atau kendaraan yang dibendung bisa diambil apabila Anda bisa menonjolkan bukti pembayaran denda. Jikalau menolak tuduhan, katakan keberatan Anda dengan sopan. Anda akan diberikan surat bukti pelanggaran berlalu lintas berwarna merah sebagai undangan untuk meniru sidang. Penentuan hari sidang membutuhkan waktu 5--12 hari. Barang sitaan baru bisa dikembalikan terhadap pelanggar sesudah ada keputusan hakim.  

(Diubahsuaikan dari sumber samsat dan kepolisian)

Contoh Teks Prosedur (2) 

Metode Membikin Botol Kaca
1.      Kaca untuk botol dijadikan dari pasir, batu gamping, dan abu soda dengan mencapai langkah-langkah sebagai berikut.
2.      Pertama, ketiga bahan hal yang demikian dicampur secara proporsional.
3.      Kadang-kadang pecahan-pecahan kaca ditambahkan.
4.      Kemudian, campuran itu dipanaskan dalam tungku pada temperatur yang sungguh-sungguh tinggi.

5.      Lalu, adonan kaca diproduksi.

6.      Sesudah itu, campuran adonan itu disusun menjadi botol dengan cetakan.
7.      Berikutnya, untuk memperkuat kaca botol-botol hal yang demikian, botol-botol itu dipanaskan kembali, lalu didinginkan.
8.      Walhasil, botol-botol itu siap diaplikasikan.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Ekspresi diri dan Akademik/Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan Kelas X


Kumpulan Cerita Wayang

My Beautiful Indonesia

Kumpulan Soal Tematik

Macam-Macam Warna Hijau

Artikel Kesehatan Terpercaya

Tips Diet

BBM Mod Transparan